RSS

Tuesday, June 8, 2010

Bardawil Sesalkan Larangan Konvoi Mesir Masuk Gaza

Pemimpin Gerakan Perlawanan Islam Hamas Salah Bardawil menyesalkan keputusan pemerintah Mesir mencegah konvoi kebebasan memasuki Jalur Gaza melalui Rafah dan memaksanya kembali tanpa bisa memasuknya bantuan yang dibawanya. Ini sama saja dengan mengharamkan rakyat Palestina berhubungan dengan saudara-saudaranya di Mesir yang memberikan solidaritasnya pada Palestina.

Bardawil mengatakan, Selasa (8/6), "Kami berharap tindakan tersebut tidak akan menjadi pendekatan umum yang ditempuh pemerintah Mesir untuk menggagalkan setiap dukungan dan bantuan kepada rakyat Palestina dan pemerintah yang sah di Gaza."

Pihak berwenang Mesir sebelumnya melarang delegasi "Kebebasan 2", yang terdiri dari sembilan tokoh parlemen Mesir, untuk memasukkan bahan bangunan, semen dan besi dari mesir ke Jalur Gaza melalui gerbang penyeberangan Rafah. Dinas Keamanan Utara Sinai menyita empat truk barang yang menyertai konvoi kebebasan tersebut.

Ketua Delegasi Konvoi “Kebebasan 2”, Hazem Farouk mengatakan, "Kami terkejut keamanan Mesir merebut truk-truk yang sarat dengan semen dan bahan bangunan ke Gaza dan mengembalikannya ke sisi Mesir, setelah mengambil SIM sopirnya dan mengancam mereka akan ditahan setelah kami berada pada jarak 20 kilometer dari Jalur Gaza. Ketika kami meminta penjelasan mengenai hal ini pihak keamanan menegaskan bahwa truk-truk tersebut tidak akan masuk Gaza." (infopalestina)

No comments:

Post a Comment