RSS

Wednesday, August 11, 2010

Maroko Menutup 1.250 Masjid

Pemerintah Maroko mengatakan akan menutup 1.256 masjid yang dianggap tidak aman untuk menghindari pengulangan runtuhnya menara di bulan Februari lalu, yang menewaskan 41 orang.

Kementerian urusan agama mengatakan lebih dari 500 masjid akan benar-benar dibongkar dan dibangun kembali.Departemen itu mengatakan tempat-tempat darurat dan tenda-tenda akan disediakan untuk shalat

Raja Muhammad memerintahkan masjid semua yang ada di Maroko untuk diperiksa setelah berabad-abad menara sebuah masjid di Meknes jatuh saat shalat Jumat. Peristiwa runtuh menara masjid itu menimbulkan kritik publik yang luas kepada para pejabat atas kurangnya pemeliharaan masjid-masjid di negeri itu.

Kementerian urusan agama mengatakan bahwa setelah mengunjungi 19.205 kota-kota di Maroko, hampir 48.000 masjid, telah diputuskan untuk ditutup. Dikatakan $ 325m telah disisihkan untuk perbaikan karya-karya, termasuk pembongkaran dan pembangunan kembali 513 masjid.

Masjid di Meknes, kota bersejarah yang mendapat perlindungan dari UNESCO, dan masuk daftar Warisan Dunia, adalah di antara bangunan masjid yang akan dibangun kembali. (eramuslim)

No comments:

Post a Comment