RSS

Sunday, August 22, 2010

Republika OnLine » Breaking News » Internasional Biadab, Tentara Israel Foto Dengan Latar Tahanan Palestina Terikat

Seseorang memposting foto dirinya di Facebook merupakan hal biasa. Namun itu menjadi luar biasa bahkan layak dikatakan biadab, jika foto yang ditampilkan itu tidak wajar, seperti yang dilakukan seorang tentara Israel.

Perempuan yang disebut sudah menjadi mantan tentara Israel itu, berfoto sambil tersenyum didepan tiga tahanan warga Palestina. Tahanan itu tampak sedang duduk di belakangnya dengan tangan terikat dan mata ditutup kain putih.

Situs-situs berita dan blog di Israel ramai menampilkan dua foto milik tentara perempuan tersebut. Dalam foto satunya lagi, tentara itu duduk bersila di samping seorang pria Palestina yagn menjadi tahanan dengan kondisi serupa, tangan terikat dan mata tertutup sambil bersandar di beton penghalang.

Kedua foto itu seakan ingin meniru foto yang dibuat tentara Amerika di penjara Abu Ghraib, Irak, beberapa tahun lalu. Meski tidak terlihat menyiksa tahanan itu seperti dilakukan tentara Amerika, sikap prajurit Israel itu jelas melecehkan tahanan Palestina.

Juru bicara Otoritas Palestina, Ghassan Khatib, mengecam foto tersebut. Dia menganggap foto itu memperlihatkan mentalitas pendudukan Israel selama 43 tahun terhadap warga Palestina.

''Ini menunjukkan mentalitas pendudukan,'' kecam Khatib, ''Mereka bangga telah menghina Palestina. Pendudukan ini tidak adil, tidak bermoral dan seperti foto-foto ini menunjukkan penyimpangan.''

No comments:

Post a Comment