RSS

Monday, May 31, 2010

16 Syahid, Turki Panggil Dubes Israel

Turki telah memanggil Duta Besar Israel untuk negara tersebut menyusul adanya serangan mematikan yang dilakukan oleh angkatan laut Israel terhadap konvoi armada kebebasan kapal Turki Mavi Marmara yang mensponsori bantuan kemanusiaan ke Gaza.

Utusan Israel di Istanbul Gabby Levy dipanggil oleh kementerian luar negeri Turki pada hari Senin ini (31/5) setelah pasukan Israel menyerbu sebuah kapal bantuan Turki.

"Kami akan menyampaikan reaksi kami atas penyerangan ini," dikutip AFP dari pernyataan seorang diplomat Turki mengatakan pada kondisi anonimitas.

Konvoi bantuan yang diselenggarakan bersama oleh Yayasan bantuan kemanusiaan Turki (IHH) dicegat di perairan internasional, sekitar 150 km (90 mil) dari lepas pantai Gaza.

Setidaknya 16 orang dilaporkan telah syahid dalam serangan itu dan lebih dari 50 lainnya terluka. Korban tewas kemungkinan akan semakin bertambah. Tentara Israel juga menahan para aktivis pro-Palestina di kapal armada Kebebasan.

Sebanyak 10.000 ton persediaan bahan bantuan dan disertai dengan ratusan politisi, aktivis serta wartawan, misi bantuan ke Gaza dimaksudkan untuk memecah pengepungan Israel terahdap Gaza, di mana 1.500.000 orang Palestina menderita menghadapi krisis kemanusiaan.

Salah satu delegasi dari Indonesia yang ikut dalam rombongan armada kebebasan adalah ustadz Ferry Nur yang merupakan salah seorang dewan redaksi Eramuslim.com. (eramuslim)

No comments:

Post a Comment