RSS

Wednesday, May 26, 2010

Israel Sumpah Blokade Setiap Bantua Ke Gaza

Pemerintah Israel telah memperingatkan bahwa mereka akan memblokir sejumlah kapal yang mengangkut bantuan bahan bangunan dan bantuan kemanusiaan bagi rakyat Gaza.

"Kapal-kapal yang membuat jalan sendiri ke Gaza tidak akan melakukan apa-apa untuk membantu orang-orang di sana," ujar Yigal Palmor, juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel, pada hari Selasa (25/5).

Pemerintah Israel mengatakan bahwa setiap kapal kargo akan dihentikan sebelum mereka bisa mencapai Jalur Gaza. Setiap aktivis yang ada di dalam kapal akan ditangkap, menurut media Israel.

Sembilan kapal dari Turki, Irlandia, Inggris, dan Yunani berlayar mencapai Gaza pada Rabu malam.

Konvoi bantuan itu membawa ratusan ton bahan konstruksi, peralatan medis, dan perlengkapan sekolah, serta sekitar 750 aktifis.

Sementara itu, Turki telah mengancam akan memberi tanggapan tertentu pada Israel jika negara tersebut memblokir armada bantuan untuk Gaza.

Israel telah memberlakukan blokade di Gaza, merampas bahan bakar, makanan, pakaian, obat-obatan, dan keperluan lainnya bagi sekitar 1,5 juta warga Palestina sejak tahun 2007. (althaf/ptv/arrahmah.com)

1 comment: