RSS

Monday, May 31, 2010

Ribuan Demonstran Turki Serbu Konsulat Israel di Istanbul

Ribuan demonstran berkumpul di luar konsulat Israel di Turki menuntut pengusiran duta besar Israel. Demonstrasi ini sebagai tanggapan atas aksi militer Israel yang menyerang armada kapal kemanusiaan Gaza yang menewaskan sedikitnya 20 orang dan melukai lebih dari 50 orang lainnya. Banyak jatuh korban akibat serangan brutal Israel tersebut termasuk beberapa diantaranya adalah warga Turki.

Para demonstran di Istanbul Turki saling dorong dengan polisi yang menjaga di depan konsulat Israel, para demonstran meneriakkan kata-kata "Damn Israel!."

Demonstrasi besar ini selain dipicu oleh serangan militer Israel terhadap armada kebebasan juga karena adanya seruan panggilan dari ponsel dan Twitter yang mengajak warga Turki berunjuk rasa menyikap peristiwa ini.

Demonstrasi dilaporkan juga terjadi di konsulat Israel lainnya di seluruh Eropa, namun sejauh ini demonstrasi di Istanbul adalah yang terbesar.

Para pengunjuk rasa menyebut serangan Israel terhadap aktivis non-kekerasan sebagai suatu tindakan pembajakan karena serangan itu terjadi di perairan internasional.(eramuslim)

No comments:

Post a Comment