RSS

Tuesday, July 13, 2010

Laporan: 20 Ribu Wanita Bosnia Telah Diperkosa oleh Tentara Serbia

Pakar dari PBB menyatakan bahwa ada bukti yang menegaskan bahwa sekitar dua puluh ribu wanita diperkosa selama perang yang terjadi di Bosnia dan Herzegovina pada periode antara tahun 1992 dan 1995.

Pakar dari PBB Vares Hadrovi di Sarajevo mengatakan: "Banyak wanita muslim Bosnia yang diperkosa, secara terus-menerus mengalami dan menderita trauma psikologis selama satu dekade dan setengah dekade setelah berakhirnya perang Bosnia."

Hadrovi memperingatkan bahwa para wanita yang mengalami kekerasan seksual oleh militer Serbia pada masa perang tersebut, sama sekali tidak menerima bantuan medis dan psikologis sehigga menyebabkan terjadinya gejala traumatis yang berkelanjutan.

Pernyataan pakar dari PBB ini bertepatan dengan kunjungan Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan ke ibukota Serbia Beograd, di mana di sana ia bertemu dengan Presiden Serbia Boris Tadic.

Erdogan berkunjung ke Serbia setelah menghadiri upacara memperingati peristiwa pembantaian Srebrenica di Bosnia dan Herzegovina.

Diharapkan dengan adanya kunjungan Erdogan ke Bosnia dan Serbia akan dapat mendukung upaya membangun hubungan baru di kawasan yang pernah dilanda konflik itu, yang mulai mengkristal setelah pertemuan puncak antara para pemimpin dari tiga negara April lalu di Istanbul.(eramuslim)

No comments:

Post a Comment