RSS

Tuesday, June 8, 2010

Perhitungan CNN: 1001 Tentara AS Telah Tewas di Afghanistan

Dengan dua tentara Amerika yang tewas di Afghanistan selatan pada hari Selasa kemarin (8/6), jumlah korban tewas dari tentara Amerika, sejak hari pertama mereka 'menjajah' Afghanistan, telah melebihi 1.000 orang tentara yang tewa.

Kedua tentara itu tewas yang tewas Selasa kemarin terjadi ketika sebuah bom meledak dan mengakibatkan kedua tentara itu tewas. Kematian dua tentara AS Selasa kemarin tersebut menjadikan total sembilan tentara AS yang mati hanya dalam waktu dua hari, dan kematian total menjadi 104 orang dalam sebulan sehingga total tentara AS yang tewas menjadi 1.001, menurut perhitungan CNN.

Dari tahun 2001 sampai dengan tahun 2006, tingkat korban tentara Amerika yang tewas tidak pernah mencapai 100 tentara tewas dalam satu tahun. Namun jumlah ini mulai naik pada tahun 2007 dan melonjak menjadi 300 yang tewas pada tahun lalu. Jika kenaikan ini terus berlanjut, maka tahun 2010 akan menjadi tahun paling mematikan bagi tentara AS yang berperang di Afghanistan, hampir satu dekade setelah dimulainya perang.

Hari Senin lalu (7/6) adalah hari paling mematikan untuk pasukan pimpinan Amerika di Afghanistan pada tahun ini. Mujahidin Taliban berhasil menewaskan 12 tentara pimpinan Amerika, tujuh dari mereka adalah tentara Amerika, dalam enam serangan terpisah di Afghanistan selatan dan timur.

Korban yang tewas adalah yang tertinggi kedua bagi pasukan AS dalam satu hari sejak tanggal 26 Oktober, ketika 11 orang Amerika tewas dalam dua kecelakaan helikopter.

Namun tentu saja kematian yang mencapai 1000 lebih satu tersebut adalah kematian versi dari tentara AS sendiri, kita semua yakin yang tewas lebih dari itu selama agresi mereka di Afghanistan.(eramuslim)

No comments:

Post a Comment