RSS

Wednesday, June 30, 2010

Relawan Komat, Wahdah Islamiyah, KNRP Tembus Gaza

Komite Umat (Komat) Palestina, yang merupakan organisasi kemanusian Peduli Palestina yang berpusat di Makassar ini, telah memberangkatkan dua Relawan ke Gaza Palestina, Yakni Wakil Sekjen Komat Ustadz Ikhwan Abd.Jalil, Lc dan Dr.Paisal Abdillah, bertolak dari Jakarta ke Mesir Ahad dini hari 27 Juni 2010, dan sudah tiba di Gaza Palestina Selasa Sore 29 Juni 2010 Sekitar pukul 5 Sore Waktu Makassar/pukul 12 Siang Waktu Palestina, setelah sebelumnya melewati kota Al Arish Provinsi Sinai Utara.

Kedua Relawan Komat ini tergabung dalam rombongan Komite Nasional untuk Rakyat Palestina KNRP dipimpin oleh DR. Muqoddam Khalil. Rombongan KNRP yang terdiri dari konsorsium beberapa LSM antara lain BSMI, PKPU, Wahdah Islamiyah, Komat Palestina, Rumah Zakat Indonesia. Total yang ikut dalam rombongan KNRP sebanyak lima orang, salah satunya adalah Mahasiswa Mesir.

Rombongan ini berangkat bersama 22 Anggota DPR RI Komisi I, dipimpin oleh Ketua DPR RI Marzuki Alie dan Ketua BKSAP (Badan Kerjasama Antar Parlemen DPR RI Hidayat Nurwahid)

Menurut Wasekjen Komat via SMS Rombongan dari Indonesia ini disambut langsung oleh Ketua Parlemen Palestina, dan selanjutnya didampingi berkeliling kota Gaza dan menuju Kantor Parlemen Palestina. Tim dari KNRP dan Komat juga sempat bertemu dengan Walikota Baitlahiyah. Rombongan dijamu makan siang oleh Perdana Menteri Palestina, Ismail Haniya, serta acara peletakan batu pertama Rumah sakit indonesia di Gaza.

Menurut Ustadz Ikhwan, yang juga merupakan Ketua Wahdah Islamiyah yang membidangi Urusan Sosial ini, bahwa keberangkatan relawan ini, sebagai wujud Kepedulian Umat Islam Indonesia, Khususnya Makassar terhadap nasib saudara Muslim, berangkat dari firman Allah yang artinya: “Orang-orang beriman laki-laki dan perempuan sebagian mereka adalah penolong bagi yang lainnya dan dalam hadis,”Perumpamaan orang-orang beriman dalam kecintaan, kelembutan dan kasih sayang di anatara mereka ibarat satu tubuh, jika salah satu anggota sakit, maka seluruh anggota turut merasakannya..,”

Tim Kemanusian dari Komat ini akan membawa bantuan kemanusian Masyarakat Sulsel untuk meringankan penderitaan warga Gaza bersama Tim dari Jakarta. Setelah sebelumnya mengelar Tabligh Akbar dan serangkaian Penggalangan Dana. Tablik Akbar terakhir mengangkat tema “Dari Makassar Untuk Gaza”.

Rombongan Anggota DPR ini, akan menyampaikan langsung bantuan dan dukungan Bangsa Indonesia kepada Rakyat Palestina menghadapi penjajahan dari Bangsa Zionis Israel, dan untuk meletakkan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Bantuan Rakyat Indonesia Di Gaza.

Komat Palestina dideklarisasikan di Masjid Raya Makassar 11 Januari 2009 lalu oleh Beberapa Tokoh umat dari berbagai Ormas dan Lembaga Islam Sulsel yang tergabung dalam Forum Umat Islam (FUI) Sulsel. Pasca Penyerbuan Israel ke Gaza tahun lalu, Komat Palestina berhasil mengutus satu relawannya Dr.Faisal Fachsan membawa bantuan untuk Rakyat Gaza di Rafah bersama tim dari KNRP dan Bulan Sabit Merah Indonesia. (eramuslim)

No comments:

Post a Comment