RSS

Wednesday, June 9, 2010

Taliban Tembak Jatuh Helikopter NATO, 4 Tentara AS Tewas

Empat tentara AS tewas di Afghanistan ketika mujahidin Taliban menembak jatuh sebuah helikopter NATO.
Helikopter International Security Assistance Force (ISAF) tertembak jatuh pada hari Rabu kemarin (9/6) di provinsi Helmand di Afghanistan selatan, kata seorang jurubicara militer mengumumkan Rabu malam.

Insiden terbaru ini membawa 23 korban kematian bagi pasukan koalisi pimpinan Amerika dalam minggu ini, tambahnya. Dia menegaskan empat tentara yang tewas adalah prajurit Amerika.

Juru bicara Taliban Yusuf Ahmadi yang menelepon AFP dari sebuah lokasi yang dirahasiakan mengklaim tanggung jawab, mengatakan, "Kami menjatuhkan helikopter dengan roket dan jatuh di distrik Sangin."

Sebelumnya pada siang harinya, koalisi pimpinan Amerika mengumumkan bahwa salah satu tentara mereka telah tewas akibat ledakan bom di Afghanistan selatan.

Pada hari Selasa lalu, CNN mengumumkan bahwa menurut statistik resmi mereka, 1.001 tentara AS telah tewas dalam pertempuran selama 104 bulan di Afghanistan.

Dari tahun 2001 sampai dengan 2006, tingkat korban untuk pasukan Amerika tidak pernah mencapai 100 dalam satu tahun.

Namun jumlah ini mulai naik pada tahun 2007 dan melonjak ke lebih dari 300 kematian pada tahun lalu. Jika kematian saat ini terus berlanjut, 2010 akan menjadi tahun paling mematikan bagi pasukan pimpinan Amerika.(eramuslim)

No comments:

Post a Comment